0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Simulasi Rekayasa Arus Lalu Lintas di Manahan, Ini Evaluasinya

Kawasan pembangunan Overpass Manahan (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Dinas Perhubungan (Diahub) Kota Solo melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan rekayasa lalu lintas pra pembangunan Fly over manahan yang dilaksanakan pada Rabu (4/10). Hasil evaluasi tersebut digunakan sebagai acuan bagi rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan pada saat pembangunan Fly over Manahan berlangsung.

”Simulasi sudah kita mulai sejak pukul 06.00 WIB tadi hingga besok pukul 06.00 WIB. Ternyata ada kepadatan yang cukup berat. Karenanya kita lakukan evaluasi untuk rencana rekayasa lalu lintas ke depan,” kata Kepala Dishub Hari Prihatno, Rabu (4/10).

Hari mengatakan, dari hasil evaluasi kepadatan lalu lintas berada pada jam-jam tertentu yakni pagi pada saat siswa berangkat sekolah, siang pada jam makan siang, dan sore pada saat jam pulang kantor. Dari hasil evaluasi juga terlihat kepadatan arus lalu lintas terjadi bukan di seputaran perlintasan sebidang yang ditutup, melainkan kawasan-kawasan lain yang terimbas penutupan perlintasan sebidang.

“Di sekitar perlintasan sebidang justru lancar. Mungkin ini karena memang sudah jauh hari kita aoaialisasikan terkait penutupan ini. Tetapi, beban lalu lintas tinggi terdapat pada kawasan lain, seperti perlintasan sebidang Pasar Nongko, Jl MT Hatyono di Simpang Patung Kuda hingga lingkar Manahan, Jl A Yani di depan terminal Tirtonadi, dan Jl  Sam Ratulangi hingga Kerten yang hendak menuju Jl Slamet Riyadi,” katanya.

Dari hasil evaluasi, dikatakan Hari, beberapa ruas yang dirubah adalah penerapan sistem satu arah Barat – Timur dari Pasar Nongko hingga simpang MT Haryono – RM Said (Pemuda Theater) yang menimbulkan kemacetan panjang, akan dibalik menjadi atu arah ke arah timur. Sesampainya di Pasar Nongko akan diarahkan ke timur menuju ke Stasiun Balapan.

“Salah satunya itu, beberapa ruas lain yang akan kita rubah akan kita evaluasi kembali, setelah pelaksanaan sosialisasi rekayasa pra pembangunan Fly Over Manahan ini selesai pada besok pagi,” jelas Hari.

Ditambahkan berdasarkan usulan dari Walikota, pihaknya masih akan menggelar simulasi kembali selama dua hari. Namun dirinya belum bisa memastikan kapan pelaksanaan evaluasi tersebut dilakukan.

“Masih akan ada dua kali simulasi lagi. Selama dua hari. Dengan perubahan dari hasil evaluasi pada pelaksanaan kali ini,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge