0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo dan Purwokerto Sumbang Angka Deflasi

Solo – Badan Pusat Statistik (BPS) menghitung indeks harga konsumen (IHK) enam kota di Jawa Tengah. Masing-masing Cilacap, Tegal, Kudus, Solo, Purwokerto dan Semarang. Hasilnya, dua kota mengalami deflasi.

“Dua kota yang menglami deflasi itu adalah Purwokerto dan Solo. Masing-masing nilai deflasinya sebesar 0,06 persen,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Rabu (4/10).

Sebaliknya, untuk emapat kota yang lain terpantau mengalami inflasi. Misalnya untuk kota Semarang terjadi inflasi sebesar 0,34 persen, Cilacap sebesar 0,25 persen, Tegal sebesar 0,12 persen dan Kudus terjadi Inflasi sebesar 0,10 persen.

Menurut Bagus, deflasi yang terjadi pada kota Solo pada periode September 2017 lebih banyak dipengaruhi adanya penurunan pada kelompok bahan makanan. Dimana dari survey yang dilakukan terjadi penurunan sekitar 1,81 persen. Sementara enam kelompok yang lain, seperti makanan jadi, tembakau, sandang, rekreasi, perumahan, air,listrik dan kesehatan mengalami penurunan harga.

“Kendati hanya satu kelompok yang mengalami penurunan harga. Tapi bobot dari bahan makanan ini terbilang cukup besar. Sehingga wajar jika menyeret laju deflasi,” jelasnya.

Sementara itu jika mengacu pada data nasional, ia menyampaikan dari 82 kota yang dhitung IHK nya, 35 diantaranya mengalami deflasi. Adapun deflasi terbesar terjadi pada kota Manado yang mencapai angka 1,04 persen.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge