0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Dilibatkan Bahas Keraton, Pemkot Merasa Dilancangi

ilustrasi (dok.redaksi)

Solo – Pemerintah Kota Solo menuding Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) tidak konsisten menuntaskan permasalahan di Keraton Surakarta. Lebih jauh, Wantimpres disebut tidak transparan dalam keputusannya.

“Saya kira Pak Bagyo (Wantimpres) tidak konsisten. Kalau mau membenahi Keraton ya harus konsisten dan transparan. Ini ada apa,” cetus Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo saat ditemui wartawan, Rabu (4/10).

Orang nomor satu di Solo itu dilontarkan saat ditanya terkait pertemuan di Keraton Senin (2/10) kemarin. Dalam pertemuan tersebut, Tim Asistensi Pengelolaan Keraton Surakarta dari Pemerintah minus perwakilan dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota bertemu dengan pihak keraton. Hal itu membuat Pemkot Solo merasa dilancangi karena tidak dilibatkan.

“Rapat diadakan sendiri dan tidak semua diundang. Karena saya tidak diundang ya saya tidak hadir,” cetusnya.

Pertemuan berlangsung tertutup di Talang Paten. Tak jelas apa yang dibicarakan. Subagyo Hadi Siswoyo yang sejak awal tahun ini menangani permasalahan Keraton Surakarta hanya mengatakan pertemuan membicarakan konsep pengelolaan Keraton Surakarta.

“Kita membicarakan mana saja yang akan dikelola pemerintah. Yang prioritas mana saja,” kata dia.

Saat ditanya tentang absennya Pemkot Solo dan Provinsi dalam pertemuan tersebut, Subagyo mengatakan kehadiran Pemkot belum diperlukan. Pertemuan di Talang Paten waktu itu dihadiri Tim Asistensi Pengelolaan Keraton Surakarta bentukan Pemerintah dan Tim Asistensi bentukan Sinuhun Pakubuwana XIII.

“Tadi saya bilang apa? Yang ketemu Tim Asistensi. Bukan Pemkot,” cetusnya.

Pernyataan Subagyo ini berbeda dengan pernyataannya yang sudah-sudah. Sejak awal, Tim Asistensi disebut-sebut berisi orang-orang dari Wantimpres, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Pemkot Solo.

Bahkan dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya, perwakilan dari setiap instansi selalu hadir. Pertemuan sebelumnya digelar di Kantor Wantimpres, Jakarta 13 September lalu. Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo waktu itu menggantikan Rudy yang berhalangan hadir.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge