0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Program Sapi Wajib Bunting Capai 70 persen

ilustrasi (dok.redaksi)

Sukoharjo – Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) di Sukoharjo sudah dilaksanakan dengan target pencapaian 12.195 ekor sapi. Hingga September 2017, petugas sudah melakukan identifikasi dan pemberian Inseminasi Buatan (IB) kepada sekitar 8.500 ekor sapi atau sekitar 70 persen dari target.

“Pada tahap identifikasi sudah mencapai 90 persen peternak di masyarakat yang kita masuki, namun untuk pemberian Inseminasi Buatan (IB) baru 70 persen. Kita optimis bisa 100 persen pada Desember mendatang, karena ini masih ada waktu,” kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan perikanan, Yuli Dwi Arianto, Rabu (4/10).

Dari sekita 8.500 sapi yang sudah diberikan inseminasi buatan, baru sekitar 11 persen yang sudah dilakukan pemeriksaan kebuntingan. Hal ini dikarenakan pemeriksaan kebuntingan baru bisa dilaksanakan setelah tiga bulan pasca pemberian inseminasi buatan.

Setiap sapi maksimal akan menerima dua kali IB, dan setelah diberikan IB dua kali dan tidak bunting, petugas akan melakukan pemeriksaan ada masalah kesehatan atau tidak. Dan jika tidak ada masalah akan dimasukkan ke program Upsus Siwab, dan jika ada masalah kesehatan akan dilakukan pengobatan.

“Program ini dari pusat untuk mewujudkan Indonesia swasembada daging. Dan bagi masyarakat atau peternak yang mengikuti program ini tidak ada biaya sedikitpun alias gratis.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge