0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Moeldoko: Saya Ingin Membangun Politik Tanah dan Air

Jenderal (Purn) Moeldoko (merdeka.com)

Timlo.net – Jenderal (Purn) Moeldoko lebih banyak aktif dalam kegiatan pertanian. Mantan Kasad TNI ini mengatakan kesempatan untuk berkarya di semua jalur di Indonesia terbuka lebar. Dia pun mengaku lebih memilih bertani ketimbang menjadi presiden.

“Saya ingin membangun politik tanah dan air bukan politik praktis,” katanya di Jakarta Selatan, Rabu (4/10).

Moeldoko mengatakan, kondisi ketahanan pangan di Indonesia sedang dalam kondisi kritis. Dia mengumpamakan masalah impor pangan seperti orang yang sedang diinfus.

“Kalau misalnya impor ini dicopot, maka akan terjadi sesuatu di negara ini. Sama seperti infus yang dipasangkan pada orang sakit, kalau dicopot ya bisa mati,” terangnya.

Kondisi itu diyakini disebabkan kualitas pertanian di Indonesia kurang. Sehingga perlu diimpor benih-benih dengan kualitas baik. Hal itu diperparah dengan masalah sertifikasi terhadap petani yang cenderung menghambat petani menghasilkan kualitas baik. Serta tidak dibarengi dengan teknologi. Maka dari itu, sulit para petani lokal berkembang.

Sebab itu, Moeldoko yakin dengan berkecimpung di dunia pertanian bisa membantu bangsa. Saat ini pula TNI ikut turun ke sawah sejak dicetuskan pada zamannya menjadi Panglima.

“Pembinaan teritorial itu terus dilakukan. Kita mempertahankan wilayah Indonesia salah satunya dari segi pangan. Hal ini terlihat dari beberapa Koramil yang mulai mengelola pertanian,” kata dia.

Meski demikian, pria yang kini menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Hanura ini mengaku siap jika Presiden Jokowi menginstruksikannya masuk ke pemerintahan.

“Kalau izin bapak (Presiden Jokowi) saya laksanakan,” jelas dia.

[dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge