0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ganjar: Jateng Surplus Sumber Pangan Hewani

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberi ucapan selamat kepada pemenang kontes sapi di Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Potensi peternakan di Jawa Tengah saat ini berkembang pesat dan menuju ke swadaya pangan. Tiga sektor peternakan yang menjadi andalan adalah sapi, kambing dan unggas.

“Di Jawa Tengah ini jumlah peternak terus mengalami peningkatan, harus ada skema bisnis yang tepat untuk mendongkrak perekonomian peternak,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, saat menghadiri Gebyar Potensi Peternakan Jateng, di Komplek Pemkab Boyolali, Rabu (4/10).

Dijelaskan, untuk mengembangkan potensi peternakan sapi dibutuhkan pakan yang bisa diproduksi pabrik pakan yang bisa dikelola oleh kelembagaan. Seperti misalnya koperasi. Selain itu, sektor permodalan menjadi faktor penting.

“Peternak sapi perah baru memetik keuntungan bila memelihara enam ekor, kurang dari itu akan berat diongkos,“ ujar Ganjar.

Bila memelihara kurang dari enam ekor, peternak akan mengalami kesulitan. Pasalnya, hasil susu dan biaya pemeliharaan tidak sebanding dengan biaya produksi.

“Oleh karena itu, peternak butuh pendampingan dan pelatihan,” tambahnya.

Sementara di sisi peternakan unggas, Pemerintah Provinsi Jateng mempunyai program dalam mengentaskan kemiskinan. Yaitu, lima ekor ayam untuk satu keluarga. Dimana dengan program ini, keluarga bisa tercukupi kebutuhan protein dan perekonomian meningkat.

“Kita tinggal siapkan bibit unggul,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge