0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Simulasi Lalulintas Proyek Overpass, Kemacetan Meluas

Kemacetan di simpang Kerten (dok.timlo.net/ichsan rosyid)
Solo — Simulasi lalu lintas pembangunan proyek Overpass Manahan yang dilaksanakan Rabu (4/10) mengakibatkan kemacetan di berbagai titik. Kepadatan terjadi di jalur-jalur alternatif yang ditetapkan Dinas Perhubungan (Dishub) Solo dalam Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) selama pembangunan Overpass Manahan.
“Simulasi sudah kita mulai sejak pukul 06.00 WIB tadi. Ternyata ada kepadatan yang cukup berat,” kata Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) Dishub Solo, Ari Wibowo saat ditemui di kawasan Purwosari di sela kesibukannya mengatur lalu lintas.
Kepadatan terpantau di Jl MT Haryono dari Patung Kuda hingga Lingkar Manahan. Kepadatan terjadi karena terjadi penyempitan dari dua lajur menjadi satu lajur di depan SMPN 1 Solo. Kendaraan yang akan menyeberang perlintasan kereta api Manahan dialihkan menuju Jl Sam Ratulangi atau berputar balik menuju Jl Adi Sucipto.
Pengalihan tersebut mengakibatkan kemacetan mulai simpang MH Tamrin-Sam Ratulangi. Kendaraan yang hendak keluar dari Sam Ratulangi harus bergantian dengan kendaraan dari arat Barat dari Jl Slamet Riyadi.
“Beban arus juga mengakibatkan kepadatan di kawasan lain seperti Pasar Nongko,” kata dia.
Penerapan sistem satu arah Barat – Timur dari Pasar Nongko hingga simpang MT Haryono – RM Said (Pemuda Theater) juga menambah beban di beberapa titik. Kendaraan di Jl MT Haryono dari arah Utara yang tidak bisa berbelok ke arah Pasar Nongko terpaksa berputar lewat simpang Purwosari atau simpang Balapan.
“Akibatnya Jl Setia Budi dan daerah Balapan jadi macet,” katanya.
Pantauan Timlo.net, dijalankannya simulasi menimbulkan kemacetan parah yang sangat luas. Di daerah utara, kemacetan terpantau di Simpang Tirtonadi hingga simpang Ngemplak. Di Selatan, kemacetan terpantau di Jl Slamet Riyadi dari Simpang Faroka hingga simpang Omah Lowo.
Petugas Dishub Solo dan Satuan Polisi Lalu Lintas tampak sibuk terjun langsung mengatur lalu lintas di setiap simpang karena pengaturan lewat lampu lalu lintas tak mampu mengatasi kemacetan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge