0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terdampak Flyover Manahan, Damkar Uji Kecepatan Layanan

Kepala Pelaksana Damkar Solo, Gatot Sutanto (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo menjadi salah satu dinas yang terdampak pembangunan flyover Manahan. Sebab, lokasi posko Damkar berdekatan dengan proyek tersebut, dan pelayanan Damkar membutuhkan kecepatan dan ketepatan.

“Kan kalau sudah mulai pembangunan pasti kondisi jalan padat. Nah untuk pelayanan di wilayah Solo utara, agak kesulitan karena adanya penutupan jalan,” kata Kepala Pelaksana Damkar Solo, Gatot Sutanto, Rabu (4/10).

Dikatakan, pihaknya baru akan melakukan uji coba kecepatan respon simulasi kebakaran pada hari ini. Hal ini dipandang perlu untuk memberikan layanan yang baik kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kebakaran ini selalu berhubungan dengan waktu. Kita harus siaga dan cepat dalam menghadapi kebakaran. Karenanya kita perlu melakukan uji coba ini, agar bisa mengetahui seberapa cepat respon kita, jika ada pembangunan flyover Manahan,” kata dia.

Ditambahkan secara standar, uji kecepatan Damkar berada pada kisaran waktu 15-20 menit, tergantung pada jarak lokasi kebakaran. Dirinya memperkirakan dalam uji kali ini, dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi, akan terjadi selisih waktu kecepatan respon selama 5 menit.

“Jadi kalau standarnya itu 15-20 menit, mungkin dalam uji kali ini bisa 25 menit. Tergantung kepadatan lalu lintas.” katanya.

Gatot juga mengatakan, dirinya sedang mencari lokasi yang pas guna menempatkan armada dan tim untuk bersiaga di kawasan Solo utara. Untuk diketahui, selama ini Damkar memiliki 3 posko yakni di Posko Alun-alun selatan, Posko Pedaringan, dan Posko Kota Barat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge