0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU Gelar Sosialisasi Pendaftaran Parpol, PKPI Tak Hadir

Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Satu partai politik (Parpol) absen dalam kegiatan sosialisasi Pendaftaran Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Solo,  Selasa (3/10) di Hotel Adhiwangsa. Padahal dalam sosialisasi yang dirangkum kedalam focus group discussion (FGD) bertajuk “Tahapan Pengawasan dan Mekanisme Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019” ini dinilai sangat penting.

“Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) absen dalam kegiatan FGD kemarin,” terang Ketua KPUD Kota Solo, Agus Sulistyo saat dihubungi, Rabu (4/10).

Pihaknya mengundang sebanyak 15 Parpol untuk menghadiri acara yang diselenggarakan KPUD Kota Solo. Menurutnya, kegaitan tersebut bersifat penting mengingat Parpol hanya diberi waktu untuk mendaftar antara tanggal 3-16 Oktober 2017.

“Kami telah menyampaikan undangan ke pihak pengurus. Dan undangan untuk PKPI sebenarnya diambil oleh orang partainya di kantor KPUD,” jelasnya.

Sementara, Komisioner KPU Jateng Divisi Perencanaan dan Data, Rusni Muslim Aisha, menyatakan, hal sama terjadi pada sosialisasi di tingkat provinsi dimana PKPI juga tidak hadir.

“Sebenarnya kehadiran atau ketidakhadiran parpol dalam kegiatan itu menjadi salah satu indikasi keseriusannya dalam memeriahkan pesta rakyat ini. Untuk proses verifikasi faktual, KPUD akan mengecek daftar Kartu Tanda Anggota (KTA) masing-masing Parpol dengan sistem sampel acak sederhana,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge