0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awal Tahun, Tiket KA PSO Terjadi Perubahan

Kereta api (dok.timlo.net/red)

Solo – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memberlakukan tarif tiket baru pada awal tahun mendatang. Perubahan tarif tiket untuk kereta api jarak menengah dan jauh tersebut menyusul adanya Peraturan Menteri  Perhubungan (Permenhub) No 42/2017 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik (PSO).

“Sebenarnya penyesuaian tarif tersebut berlaku pada 7 Juli lalu. Namun seiring dengan adanya intruksi pemerintah, akhirnya baru diterapkan pada awal tahun mendatang,” ujar Humas Manager PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI Yogjakarta, Eko Budiyanto kepada wartawan, Selasa (3/10).

Eko menyebut, dengan adanya regulasi itu secara nasional ada sekitar 20 rute perjalanan kereta api yang ikut menyesuaikan. Kenaikan tarif sendiri bervariasi, yaitu mulai dari Rp 1000 hingga Rp 16 Ribu. Sedangkan untuk penjualannya mulai resmi dilayani pada awal November mendatang.

Sedangkan di Daop VI sendiri, akibat penyesuaian itu ada sekitar dua rangkaian KA yang terjadi perubahan. Yaitu KA Bengawan relasi Purwosari-Pasar Senen dan KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan-Banyuwangi.

“KA Bengawan dari sebelumnya Rp 74.000 menjadi Rp 80.000. Dan KA Sri Tanjung dari sebelumnya Rp 94.000 menjadi Rp 110.000,” jelasnya.

Kenaikan tarif KA PSO tersebut,menurutnya karena biaya operasional dan perawatan KA melonjak setiap tahun. Sehingga selisih harga yang menjadi tanggungan pemerintah untuk memberikan subsidi itu ikut menyesuaikan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge