0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

MICE Goverment Turun, Hotel Garap Pasar Lain

Syariah Hotel Solo ( istimewa)

Solo – Pengetatan anggaran yang dilakukan oleh pemerintah membuat pelaku bisnis hotel di wilayah Solo mengecangkan ikat pinggang. Untuk menyiasati kondisi tersebut, tak sedikit pelaku hotel yang mulai membidik pasar baru.

“Jika dibanding tahun lalu, even meetings, incentives, conferences, and events (MICE)  yang digelar goverment pada semester dua ini terjadi penurunan sekitar 50 persen,” ujar Public Relation Manager Sayriah Hotel Solo, Paramitha Sari Indah W kepada wartawan, Selasa (3/10).

Padahal menurut dia, kontribusi dari even MICE government selama ini cukup diandalkan untuk menopang revenue hotel. Namun setelah adanya pengetatan anggaran itu, hotel mulai membidik pasar baru untuk menutup operasionalnya.

“Sekarang strategi yang kita lakukan adalah membidik pasar wedding, komunitas dan MICE dari corporate. Jadi meski MICE dari pemerintah turun, tapi dari sisi revenue tidak ada persoalan dan tetap stabil. Karena kita terbantu dengan pertumbuhan pasar yang lain,” jelasnya.

Sementara itu, Public Relation Novotel dan Ibis Solo, Tiwik Widowati secara terpisah menyampaikan, even MICE dari government yang digelar ditempatnya pada semester dua ini cukup stabil. Namun jika dibanding dengan periode 2014 dan 2015 diakui cenderung ada penurunan.

“Untuk periode Oktober ini even MICE goverment sudah cukup banyak yang melakukan reservasi. Kebanyakan dari instansi DPRD,Kementrian dan OJK,” terangnya.

Selain dari MICE government, Tiwik mengatakan pasar wedding ditempatnya terjadi pertumbuhan cukup signifikan. Dibanding dengan periode sebelumnya, permintaan wedding ditempatnya pada tahun ini terjadi peningkatan sekitar dua kali lipat.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge