0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lulusan Perawat dan Bidan Ikuti Seleksi Calon Tenaga Kesehatan ke Jepang

Pembekalanan Persiapan Seleksi Kerja ke Jepang (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) PKU Muhammadiyah Surakarta menggelar pembekalan pelatihan persiapan seleksi kepada calon tenaga kesehatan yang akan dikirim ke Jepang, Selasa (3/10). Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Bahana Inspirasi Muda melalui Program Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJ EPA).

“Pembekalan tidak hanya diikuti peserta dari lulusan perawat dan bidan STIKES PKU Muhammadiyah Solo, tetapi juga lulusan keperawatan dan kebidanan dari perguruan tinggi kesehatan, seperti Poltekkes dan Akademi Keperawatan (Akper) yang ada di Solo,” jelas Kepala Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Institusi (LPMPI) STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, Anis Prabowo.

Anis mengatakan, pembekalan seperti ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya. Tahun 2016 kemarin adalah pertama. Dibanding tahun sebelumnya, tahun 2017 mengalami peningkatan jumlah peserta.

Untuk bisa bekerja di Jepang melalui Program IJ-EPA, menurut Anis, musti melalui beberapa tahapan. Tahap pertama, pelatihan persiapan seleksi IJ-EPA untuk memperbesar peluang para pelamar yang akan mengikuti seleksi IJ-EPA. Selanjutnya tahapan seleksi yang harus dilalui oleh para pelamar program IJ-EPA.

“Proses seleksi dilaksanakan langsung oleh pihak Jepang yakni Japan International Corporation of Welfare Service (JICWELS) yang didampingi oleh BNP2TKI,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge