0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Produksi Padi Baru 77 Persen, Dispertan Tetap Optimis

tanam padi menggunakan alsintan di Tawangsari (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Dinas Pertanian Sukoharjo optimis target 64.190 hektar lahan pertanian padi pada tahun 2017 ini bisa terealisasi meskipun sudah memasuki Bulan Oktober. Sampai Bulan September, tanaman padi sudah terealisasi 54.138 hektar atau sekitar 84 persen dari target awal di tahun ini.

“Kita masih optimis jumlah produksi pada Bulan Oktober ini sampai akhir tahun bisa melebihi capaian produksi periode sebelumnya. Disamping musim tanam ke tiga memang lebih baik, petani juga sedang mencoba menerapkan teknologi modern,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Netty Harjianty, di sela acara tanam padi bersama dan launching program corporate farming, Selasa (3/10).

Dari jumlah lahan seluas 54.138 hektar sampai Bulan September ini, jumlah produksi padi sudah mencapai 304.648 ton. Angka ini lebih sedikit dari target produkstivitas lahan pada awal tahun dengan rasio 72,48 kwintal Gabah Kering Giling (GKG) setiap satu hektar lahan, atau sekitar 77 persen.

Dalam kesempatan ini, sepuluh gabungan Kelompok Tani dari Kecamatan Polokarto, Tawangsari, Tawangsari dan Weru mendapat bantuan sejumlah alat mesin pertanian. Bantuan tersebut berupa, lima unit traktor roda empat, 15 traktor roda dua, dan 15 unit pompa air yang berasal dari dana aspirasi anggota DPR RI.

“Kami harapkan dengan adanya bantuan alsintan ini dapat memberikan semangat kepada para petani dalam bekerja, sehingga meraih hasil maksimal. Dan di masa tanam ke tiga ini kami harapkan dengan mengadopsi teknologi modern bisa meningkatkan produksi dan hasilnya,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge