0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cerita Pemilik ‘Nggone Mbahmu’ Ngopi Bareng Jokowi

Purnomo Sidi, pemilik Coffe Roaster Nggone Mbahmu berswafoto dengan Presiden Joko Widodo (dok.timlo.net/dok pribadi)
Klaten — Pemilik gerai Coffee Roaster ‘Nggone Mbahmu’ Klaten, Purnama Sidi (49), menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) serius mendukung industri kopi nasional. Hal itu disampaikan Jokowi saat merayakan Hari Kopi Internasional, di Istana Presiden, Bogor, Jawa Barat, Minggu (1/10) lalu.
“Saya rasa bagus. Presiden Jokowi ingin mengangkat potensi kopi dari hulu ke hilir, mulai dari tanaman hingga disajikan sebagai minuman,” kata Purnomo Sidi, Selasa (3/10).
Purnomo merupakan satu dari puluhan barista, pengusaha kedai, hingga perwakilan petani kopi yang beruntung diundang ‘Ngopi Bareng’ oleh Presiden Jokowi. Menurut dia, Indonesia memiliki keragaman kopi nusantara yang melimpah. Sehingga dukungan pemerintah untuk mengangkat kopi sangat diperlukan.
“Secara skala produksi, Indonesia itu nomor 4 di dunia. Sedangkan untuk single origin-nya, Indonesia begitu banyak. Ada Sulawesi, Toraja, Flores, Aceh, dan sebagainya yang mungkin di dunia ini tidak ada yang memiliki satu varietas kopi paling komplit,” katanya.
Disinggung soal obrolannya dengan Jokowi, Purnomo mengaku, hanya sempat menyerahkan kartu nama ‘Nggone Mbahmu’. Selain itu, dia juga sempat memberikan bingkisan kopi hasil dari roasting atau gorengannya yang berasal dari biji kopi di lereng Merapi, Deles, Klaten.
“Beliau sempat tersenyum, merasa aneh atau mungkin lucu ketika membaca ‘Nggone Mbahmu’. Ditanya, ‘ini sebelah mana?’. Saya jawab, depan Polres lama Pak. Semoga saja suatu saat Pak Jokowi bisa mampir,” harapnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge