0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sampah Meningkat, Wonogiri Wacanakan Pembangunan TPST

Ilustrasi sampah (dok.timlo.net/nanin)

Wonogiri —  Hingga saat ini, wilayah Wonogiri belum memiliki tempat pengolahan sampah terpadu (TPST). Sedang angka produksi sampah rumah tangga, setiap tahunnya mengalami peningkatan.

“Wonogiri belum memiliki satupun TPST, padahal idealnya setiap wilayah kecamatan harus ada tempat itu (TPST),” ungkap Kepala Dinas LHK Wonogiri  Toety lndarti kepada awak media di Kantor Pemkab Wonogiri, Selasa (3/10).

Dari data yang dihimpun, pada tahun 2014, Pemkab Wonogiri baru bisa mengelola 79% sampah dari total sampah yang dibuang masyarakat. Volume sampah per hari di 25 kecamatan di Wonogiri mencapai 413 meter kubik, tetapi yang terangkut atau dikelola sebanyak 334 meter kubik.

Volume sampah paling banyak yakni di Wonogiri Kota yang mencapai 148 meter kubik perharinya. Adanya sejumlah pabrik di Wonogiri juga turut andil dalam angka produksi sampah yang mengalami peningkatan setiap tahunnya antara 16-18 persen.

Sedang volume sampah di Wonogiri Kota dalam satu tahun sebanyak  8 ton untuk yang ditimbun, sedangkan 17 ton sampah tidak terkelola. Beberapa jenis sampah yang menumpuk di antaranya berupa sisa makanan (16 persen), kayu atau ranting (10 %), kertas (17 %), plastik (19 %), logam (4 %), kain (5 %), karet atau kulit (5 %), kaca (5 %) dan sampah-sampah lain (19 %).

Atas dasar itulah, lanjut Toety, pihaknya mengumpulkan 25 camat di kabupaten itu dalam rangka penyusunan DED (Detail Engenering Desain) TPST. Setelah ada DED, kata dia, pihaknya akan mengajukan usulan ke pemerintah pusat untuk membiayai pembangunan TPST yang dimaksudkan. Sesuai persyaratan, areal TPST idealnya seluas 20.000 meter persegi, dengan dukungan lainnya seperti jalan atau infrastruktur yang memadai.

“Kita harapkan di TPST, sampah sebelum masuk tempat pembuangan akhir (TPA) bisa diolah masyarakat terlebih dahulu,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge