0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belanja Online Pengaruhi Kekuatan Otot dan Kesehatan Tulang

Belanja online. (dok: timlo.net/ hindustantimes.com)

Timlo.net—Era digital ini membuat belanja lebih mudah dilakukan dan bisa diakses banyak orang. Tapi menurut sebuah kelompok fisioterapis, belanja online bisa mempengaruhi kekuatan otot. Menurut penelitian baru mereka, tinggal di rumah dan memesan apapun online membuat orang tidak melatih kekuatan otot dasar mereka.

Mereka melakukan survei terhadap 2000 orang. Hasilnya 24 persen responden berusia 65 tahun ke atas mengaku tidak pernah melatih kekuatan otot setiap minggunya. Hal ini meningkatkan resiko mereka terjatuh dan masalah kesehatan lainnya. Profesor Karen Middleton, kepala eksekutif dari the Chartered Society of Physiotherapy berkata, “Belanja online mungkin sangat nyaman tapi hal itu berarti kita kelihatan beberapa metode yang digunakan untuk memperkuat kekuatan otot. Kita membawa lebih sedikit tas ke rumah dari supermarket karena dikirim ke pintu rumah kita.”

Dia menambahkan, “Kita menunggu di rumah untuk barang-barang lain dikirim saat di masa lalu kita harus keluar untuk membeli mereka. Hal ini bukanlah argumen melawan kemajuan jaman. Tapi hanya berarti jika mempertahankan kekuatan dan bersikap aktif tidaklah selalu berarti pergi ke tempat fitness dan kita harus mencari cara untuk membangun itu dalam kehidupan kita sehari-hari.”

National Health Service memberikan rekomendasi untuk melakukan dua sesi olahraga memperkuat otot dua kali seminggu. Bentuk olahraga itu bisa berupa angkat beban atau hal sederhana seperti mengangkat barang belanjaan saat pulang. Karen melanjutkan,” Seperti rekomendasi itu, hal itu bukan berarti kita harus pergi ke tempat fitness untuk angkat beban. Untuk memulainya, kita bisa menggali lubang saat berkebun atau latihan sederhana seperti berdiri dan duduk di kursi 10 kali.”

Dr. Justin Varney, kepala Adult Health di Public Health England berkata, “Tulang-tulang Anda mulai melemah dari saat Anda memasuki usia 20-an dan massa otot mengecil saat usia 40-an, ditambah kondisi musculoskeletal adalah penyebab sakit terbesar. Jadi bukan hanya orang tua yang perlu bertindak. Masukkan latihan memperkuat tulang dan otot dan keseimbangan ke dalam rutinitas sehari-hari dan Anda akan memperoleh manfaatnya saat Anda menua, termasuk kesempatan bebas dari rasa sakit otot kronis di usia 40-an, 50-an dan seterusnya,” tambah Karen dilansir dari Hindustan Times.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge