0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perusahaan Ini Ingin Buat Elevator Ruang Angkasa

Elevator ruang angkasa. (dok: timlo.net/ dailystar.co.uk)

Timlo.net—Obayashi, sebuah perusahaan konstruksi di Jepang ingin membangun alat transportasi ruang angkasa. Berbeda dengan perusahaan lainnya, mereka menciptakan simulasi komputer untuk pembuatan elevator ruang angkasa. Elevator itu akan digunakan untuk mengirim manusia dan barang dari Bumi ke planet-planet lain.

Perusahaan itu akan menciptakan struktur elevator menggunakan kabel karbon nanotube, salah satu materi teringan dan terkuat yang dikenal manusia. Salah satu ujung elevator akan ditanamkan ke permukaan Bumi, dan ujung lainnya akan diarahkan ke ruang angkasa. Elevator itu akan bergantung pada pengimbang seberat 13 ribu ton untuk menstabilkannya. Jika sukses, alat itu bisa mengirim orang dan barang dengan berat total 100 ton hingga ke ruang angkasa.

Struktur itu bisa mengurangi biaya pengiriman barang ke ruang angkasa hingga 90 persen. Para ahli berkata jika hal itu juga bisa mengakhiri penggunaan roket yang dianggap mahal dan seringkali berbahaya, tulis DailyStar.co.uk. Alat ini juga bisa mengatasi masalah energi di Bumi dengan mengirim energi surya dalam jumlah besar secara murah. Atau dengan menyimpan limbah nuklir. Obayashi akan mulai konstruksi elevator itu pada 2025 dan diperkirakan diperlukan waktu 20 tahun untuk menyelesaikannya.

“Tingkat teknologi saat ini belumlah cukup untuk mewujudkan konsep itu, tapi rencana kami realistis, dan merupakan sebuah batu loncatan untuk konstruksi elevator ruang angkasa,” ujar perusahaan itu.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge