0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPJS Ketenagakerjaan Perangkat Desa Ditanggung APBD-P

Kantor Pemkab Karanganyar (dok.timlo.net/gg)

Karanganyar — Tambahan anggaran untuk ribuan perangkat desa (Perdes) di Kabupaten Karanganyar dimasukkan APBD Perubahan (ABPD-P) 2017. Sasarannya premi asuransi BPJS Ketenagakerjaan

“Per perangkat desa dianggarkan Rp 8.100 untuk membayar BPJS Ketenagakerjaan. Jenis asuransinya JK (jaminan kematian) dan JKK (jaminan kecelakaan kerja). Perdes ini meliputi Kadus, Kaur, Kasi dan Sekdes,” ujar Kabag Pemdes Setda Pemkab Karanganyar, Timotius Suryadi kepada Timlo.net, Selasa (3/10).

meminta seluruh perangkat desa mengumpulkan identitas diri guna keperluan pendaftaran kepesertaan asuransi itu melalui aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes) dan database. Mereka tersebar di 162 desa dari 17 kecamatan.

Diutarakan lebih lanjut, pembiayaan premi oleh Pemkab merupakan bentuk tanggung jawab terhadap perdes. Terlebih, hal itu diamanatkan UU Nomor 5 tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 70 tahun 2015 tentang Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian bagi pegawai aparatur sipil negara.

“Pengalokasiannya selama tiga bulan terhitung Oktober-Desember 2017,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge