0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Longsor, Enam Desa Zona Merah Ditinjau

Longsor di Dusun Tegalsari, Desa Karangpandan, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, beberapa waktu lalu (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar meninjau enam desa rawan longsor susulan di Matesih, Jatirejo dan Puntukrejo di Ngargoyoso, Dayu di Gondangrejo, dan Menjing serta Balong di Jenawi.

“Prioritas pengecekan di enam desa itu. Sudah dilakukan pekan lalu oleh tim PVMBG didampingi BPBD. Dari hasil pengecekan akan dibahas rekomendasi penanganan selanjutnya,” kata Kasi Kesiapsiagaan dan Kebencanaan BPBD Karanganyar Hartoko kepada wartawan, kemarin.

Di enam desa itu terdeteksi retakan, rekahan dan patahan tanah yang makin parah. Penanganan selama ini belum cukup untuk bisa menghindarkan penduduknya dari bencana alam itu.

Selain mengecek lokasi, tim juga memberi sosialisasi mitigasi bencana. Ia berharap rekomendasi nantinya memasukkan opsi relokasi hunian. Selain mengukur pergerakan tanah dengan peralatan canggih, tim juga mengerjakan simulasi serta imbauan di masa pancaroba maupun penghujan. Dia memprediksi musim pancaroba tidak akan lebih dari dua bulan. Tetapi, rawan terjadi angin puting beliung atau angin kencang.

Memasuki penghujan, BPBD mulai menyiapkan antisipasi banjir dan tanah longsor.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge