0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Meski Berstatus Awas, Namun Belum Diketahui Kapan Meletusnya

Gunung Agung (merdeka.com)

Timlo.net — Gunung Agung yang terletak di kabupaten Karangasem hingga kini masih menunjukkan aktivitasnya. Bahkan kepulan asap berulangkali menyembul ke permukaan.

Agus Sholihin Kepala Sub Bidang Mitigasi Gerakan Tanah di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyampaikan, Gunung Agung sampai sekarang statusnya belum berubah tetap status Awas.

Kata dia, pemantuan secara visual hembusan asap di kawah Gunung Agung tingginya rata-rata 50 sampai 200 meter.

“Saat kondisi normal dulu Gunung Agung jarang sekali muncul asap sampai ke permukaan hanya dalam kawah saja. Saat ini sudah sampai kepermukaan. Munculnya asap itu kita sudah ketahui sejak Bulan Juli 2017,” tegasnya.

Lanjutnya, dengan munculnya asap di kawah Gunung Agung mengindikasikan adanya sumber panas yang sudah terjadi.

“Munculnya gas itu sudah mengindikasikan aktivitas Gunung Agung meningkat, dan retakan yang muncul di tubuh Gunung Agung, karena indikasinya keluarnya gas itu,” jelas Sholihin.

Menurut dia, berdasarkan data saat ini, karakter setiap Gunung itu berbeda. Ada yang baru gempa puluhan kali sudah meletus, dan ada yang gempa ratusan kali belum meletus.

“Kita tidak bisa prediksi kapan gunung ini meletusnya,” imbuhnya.

Termasuk soal aktivitas gempa dikatakannya Gunung Agung masih sangat tinggi, tercatat sejak Minggu kemarin lebih dari 800 kali gempa vulkanik di Gunung Agung dan terhitung selama 2 jam 400 kali gempa vulkanik.

[rnd]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge