0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bawang Putih Penyumbang Deflasi Paling Tinggi

Bawang putih (dok.timlo.net/gg)

Solo – Perkembangan harga berbagai komoditas pada periode September 2017 menunjukan adanya punurunan. Dari sekian banyak komoditas yang mengalami perubahan harga, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat komoditi bawang putih memberikan andil paling tinggi terhadap laju deflasi.

“Pada periode September itu kota Solo tercatat mengalami deflasi sebesar 0,06 persen,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Senin (2/10).

Dari berbagai komoditas yang dilakukan pemantauan harga, Bagus menyebut komponen pengeluaran dari volatile food memberikan andil paling besar terhadap laju deflasi. Komoditi yang terjadi penurunan harga itu meliputi bawang putih sekitar 20,47 persen, bawang merah 13,59 persen, daging ayam ras 3,70 persen, cabai rawit 15,73persen dan jeruk sebesar 6,88 persen.

“Kendati mengalami deflasi, tapi jika dibandingkan dengan periode bulan sebelumnya tercatat lebih rendah. Karena pada Agustus angka deflasi menyentuh diangka 1,02 persen,” jelasnya.

Sementara itu untuk komoditas penghambat laju deflasi diantaranya adalah tarif pesawat yang naik sekitar 12,47 persen, rokok kretek filter naik 2,70 persen, uang sekolah naik 1,90 persen dan daging sapi naik sebesar 4,96 persen.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge