0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pembangunan Overpass, SD Kawasan Kotabarat Minta JPO

Suasana Pertemuan antara Dinas Perhubungan dengan jajaran SD Muhammadiyah PK Kotabarat Solo (foto: Tyo Eka)

Solo – SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kotabarat Surakarta menggelar pertemuan dengan Dinas Perhubungan Kota Solo terkait pembangunan overpass Manahan, di ruang Takmir Masjid Kotabarat Surakarta. Pertemuan tersebut dihadiri Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Surakarta, Sri Baskoro dan diikuti oleh pimpinan sekolah serta perwakilan komite kelas 1-6.

“Prinsipnya sekolah mendukung pembangunan overpass sebagai konsekuensi tingkat kemajuan kota Solo,” tandas Kepala Sekolah SD Muhammadiyah PK Kotabarat Surakarta, Nur Salam kepada wartawan, di sekolah setempat, Senin (2/10).

Sebagai bagian dari pihak terdampak pembangunan overpass, menurut Nur, memandang perlu penjelasan yang lebih kontekstual menyangkut dampak-dampak yang mungkin timbul dari pembangunan ini.

“Kedepan kami berencana akan menyosialisasikan dampak pembangunan overpass ini ke seluruh orang tua siswa setelah mengevaluasi simulasi rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Sri Baskoro mengemukakan, pembangunan overpass Manahan merupakan implementasi Rancangan Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Nasional 2011-2020 sebagai upaya mengurai kemacetan akibat perlintasan kereta api sebidang yang tidak ideal.

“Sebagai tahap awal pembangunan fisik akan diberlakukan simulasi rekayasa lalu lintas dengan menutup jalan di beberapa titik mulai tanggal 4 – 5 Oktober 2017 mulai pukul 06.00-18.00”, tegasnya.

Sementara itu, salah satu perwakilan Komite kelas 5, Liana Indrawati menyampaikan pentingnya memperhatikan aspek keselamatan, terutama bagi warga sekolah dan jamaah masjid Kottabarat Surakarta.

“Kami mengusulkan ke depan bisa dibangun jembatan penyeberangan orang (JPO) dan penataan kawasan parkir di sisi selatan lapangan Kottabarat sebagai akses utama warga swkolah dan jamaah masjid,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge