0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

14 Parpol Diundang Sosialisasi, Tiga Parpol Absen

Sosialisasi pendaftaran dan verfikasi parpol peserta Pemilu 2019 di KPUD Boyolali (foto: Nanin)

Boyolali – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Boyolali mulai melakukan sosialisasi untuk pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta Pemilu 2019. Dari 14 parpol yang diundang sosialisasi, tiga parpol absen.

“Tiga parpol itu PPP, PAN dan Nasdem, kita akan terus segera hubungi,” kata Ketua KPUD Boyolali, Siswadi Sapto Harjono, Senin (2/10).

Sedangkan 14 parpol yang diundang, 12 parpol merupakan peserta Pemilu 2004 lalu, sedangkan dua parpol, Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) merupakan partai baru.

“Ini baru tahap awal, sebagai persiapan parpol untuk segera melakukan verifikasi,” tambah Siswadi.

Untuk verifikasi sendiri akan mulai dilakukan 3 Oktober hingga 16 Oktober. Selain kelengkapan berkas administrasi,ada syarat utama yang harus dipenuhi parpol. Yaitu syarat jumlah dukungan minimal parpol di wilayah kepengurusan berdasar jumlah penduduk.

“Patokannya jumlah penduduk sebanyak 989.766 jiwa, parpol harus bisa memenuhi seperseribunya atau 989 anggota dan harus dibuktikan dengan KTP,” jelas salah satu Komisioner KPUD Boyolali, Ali Fachrudin.

Sedangkan untuk tingkat kabupaten, bila di Kabupaten Boyolali ada 19 kecamatan, maka parpol harus punya kepengurusan di 10 kecamatan.

“Ini syarat utama yang harus dipenuhi masing-masing parpol,” tandas Ali.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge