0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Curi Gula Pasir dengan Cara Ditodos, Empat Orang Diringkus

Truk bermuatan gula pasir yang diamankan Polsek Sambungmacan (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Empat dari lima pelaku penggelapan gula pasir diringkus Unit Reskrim Polsek Sambungmacan. Pelaku yang tergolong profesional ini berhasil mengambil 45 ton gula pasir yang dimuat dalam truk dengan cara ditodos.

“Modusnya, sopir pada waktu perjalanan sudah komunikasi dengan penadah untuk mengambil gula sedikit demi sedikit secara merata perkarung dengan cara di susruk pakai pipa steinless,” kata Kasubag Humas Polres Sragen AKP Saptiwi, mewakili Kapolres AKBP Arif Budiman, Senin (2/10).

Empat pelaku ini masing-masing Suyono alias Punuk (46), warga Kecamatan Kedunggalar, Ngawi; Pariyono alias Parwek (28), Kecamatan Kedunggalar, Ngawi; Aan Lubis Andriyanto (27), warga Kecamatan Kandat, Kediri; dan Mariyanto (43), warga Kecamatan Prajurit Kulon, Mojokerto. Sedangkan satu orang dinayatakan buron berinisial LM (45), warga Gendingan, Kecamatan Widodaren, Ngawi masih dinyatakan sebagai DPO.

Pengungkapan kasus ini berangkat dari informasi yang diperoleh dari Satreskrim Polres Madiun. Awalnya dua orang pelaku Aan Lubis Andriyanto (27) warga Kediri dan Mariyanto, selaku sopir pengangkut gula pasir milik PT DUS Cilacap, menggunakan armada milik expedisi PT Surya Kencana Abadi Surabaya, mengangkut gula pasir yang akan dibawa ke  PT Tirta Fresindo Jaya, Pasuruan dan PT Harum Alam Segar, Gresik.

Ketika sampai di lokasi kejadian, SPBU Jatisumo Sambungmacan, Sragen, kedua sopir itu menghubungi tersangka lainnya, LM yang berperan sebagai penadah. LM tiba di SPBU Jatisumo dengan mengendarai mobil Avanza warna silver dengan mengajak dua tersangka lain, Suyono dan Pariyono.

Setelah terjadi kesepakatan, kemudian Suyono dan Pariyono  mulai mengerjakan mengambil gula pasir dari karung di dalam muatan truk dengan cara ditodos atau disusruk dengan menggunakan pipa steinless sedikit demi sedikit. Sedangkan LM sendiri menunggu di dalam mobil Avanza.

“Saat beraksi itulah mereka digerebek oleh petugas Unit Reskrim Polsek Sambungmacan dan berhasil menangkap empat pelaku. Sedangkan satu pelaku (LM) berhasil kabur dari kejaran petugas,” terang AKP Saptiwi.

Empat tersangka itu akhirnya dibawa ke Mapolsek Sambungmacan untuk peneyelidian lebih lanjut bersama barang bukti berupa sebuah truk tronton gandeng nopol W 9695 UR bermuatan  gula pasir sebanyak 45 ton, tujuh sak karung, dua susruk, dua gayung dan lima unit handphone.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge