0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dua Jenis Musik yang Disukai Psikopat

Mendengarkan musik. (dok: timlo.net/ mirror.co.uk)

Timlo.net—Penelitian yang diadakan di Inggris oleh Channel 4 di antara 3 juta responden mengungkap jenis musik yang disukai para psikopat. Para responden yang memperoleh skor tinggi dalam tes psikopat menyukai musik rap dan heavy metal.

Responden yang berskor rendah dalam tes menyukai musik klasik dan jazz. Para peneliti yang berasal dari New York University juga menguji hubungan antara lagu favorit dan kondisi psikologis itu. Mereka menguji 260 lagu berbeda pada 200 orang. Responden dengan skor tinggi pada tes psikopat menyukai lagu “No Diggity” dari Blackstreet dan “Lose Yourself” dari Eminem. Para peneliti percaya jika lagu-lagu tertentu bisa dipakai untuk menebak apakah orang memiliki kelainan ini. Kelainan psikopat dikatakan mempengaruhi 1 persen masyarakat dunia.

Pascal Wallisch pemimpin penelitian itu berkata kepada the Guardian: “Keindahan dari ide ini adalah Anda bisa menggunakannya sebagai tes penyaringan tanpa sepengetahuan, seizin atau kerja sama dari orang yang terlibat.”

Etika dari tes ini sangat mengejutkan dan mengganggu. Tapi potensi resiko memiliki seorang psikopat sebagai bos atau seorang psikopat memegang kekuasan juga mengelisahkan. Tentu saja para psikopat bisa tahu hal ini dan mengakali tes itu. Misalnya saja mereka tahu karena membaca penelitian ini yang diterbitkan di berbagai media. Para peneliti sendiri memiliki daftar jenis lagu lainnya yang disukai para psikopat. Tapi mereka menolak mengungkapkannya. Alasannya mereka takut hal ini akan mengganggu penelitian selanjutnya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge