0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Facebook Uji Fitur Pengenalan Wajah Untuk Pulihkan Akun Pengguna

Facebook. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Pengenalan wajah (facial recognition) bukan lagi sekedar teknologi yang kita lihat dalam film fiksi ilmiah atau untuk industri tertentu. Sekarang ini smartphone di pasaran mulai memakai fitur itu. Misalnya Samsung Galaxy S8, Galaxy Note 8 dan iPhone X. Di masa mendatang, fitur ini diperkirakan akan lebih sering digunakan. Oleh karena itu tidak mengejutkan jika Facebook dikabarkan menguji fitur pengenalan wajah. Fitur itu akan dipakai sebagai metode untuk memulihkan sebuah akun.

Matt Navarra dari TheNextWeb menulis jika Facebook menguji fitur baru itu sebagai metode mengamankan akun pengguna. Hal ini berguna jika seseorang berada di tempat di mana mereka tidak bisa menerima SMS untuk otentifikasi dua faktor. Pengenalan wajah memampukan mereka log in bahkan jika mereka lupa password mereka.

Facebook mengkonfirmasi kepada TechCrunch jika mereka menguji sebuah fitur baru. Perusahaan itu berkata fitur itu untuk pengguna yang ingin memverifikasi akun dengan cepat dan mudah selama proses pemulihan akun. Jadi pengenalan wajah bukan cara baru untuk log in. Tapi metode baru untuk memulihkan akun Anda.

Fitur ini hanya tersedia dalam perangkat yang pernah digunakan pengguna untuk log in. “Hal ini adalah sebuah langkah lain, bersama otentifikasi dua langkah lewat SMS, untuk memastikan pemilik akun bisa mengkonfirmasi identitas mereka,” tambah Facebook. Facebook mungkin akan merilis fitur itu kepada lebih banyak pengguna di seluruh dunia jika terbukti bisa diandalkan.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge