0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Demi Keselamatan, Pedanda Ciwa-Buddha Gelar Doa Bersama

Ribuan umat Hindu berdoa untuk Gunung Agung (merdeka.com)

Timlo.net — Sebanyak 100 Pedanda Ciwa-Buddha atau pemimpin upacara persembahyangan bagi umat Hindu tertinggi di Bali menggelar puja bersama di Pura Er Jeruk, Sukawati, Gianyar, Minggu (1/10).

Alunan genta dan puja mantra yang dientakkan para pendeta Hindu ini menambah kekhusukan umat yang hadir dalam doa bersama untuk Gunung Agung di areal Pura Er Jeruk Sukawati, Gianyar.

“Melalui puja ini, yang dipimpin Sulinggih atau pendeta kami bersama ribuan umat memohon keselamatan dan kehidupan paska ditetapkannya Gunung Agung di level IV,” terang Menggala Karya, Ida Bagus Putu Wirawan.

Kata dia, Ritual itu disebut Puja Bhasmangkuram Bajra Wakyam.

“Intinya kita mohon pengampunan atas dosa umat dan leluhur yang terjadi baik sengaja atau tidak, hingga mengusik keseimbangan alam ini,” sebutnya.

Menurutnya, ancaman bencana erupsi Gunung Agung yang kini dalam kondisi krisis, juga diyakini sebagai salah satu wujud peringatan alam akibat ulah manusia.

Besar harapan seluruh umat di Bali agar tidak terjadi letusan. Kalaupun akhirnya terjadi, ribuan umat yang mengikuti prosesi ini mohon keselamatan.

Usai persembahyangan, ribuan umat melakukan penglukatan (pembersihan diri) secara masal dari air suci yang dibacakan 100 Sulinggih dan Peranda.

“Dengan pengelukatan jasmani dan rohani, umat diharapkan senantiasa bersih hingga dapat menghadapi peringatan alam tanpa adanya korban berjatuhan,” ungkapnya.

[cob]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge