0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Gemolong Punya Gedung Laboratorium Darah

Petugas PMI menunjukkan tempat penyimpanan darah di Gedung Laboratirium Darah Gemolong. (foto: Agung)

Gemolong Punya Gedung Laboratorium Darah

pmi, gemolong, donor darah

Sragen – Gedung Laboratorium Donor Darah sekarang telah dibangun di Kecamatan Gemolong. Gedung yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 400 juta ini melayani para pendonor dari Gemolong, Solo dan sekitarnya.

“Di laboratorium ini orang yang mendonorkan darahnya nanti bisa diketahui apa terkena HIV, hepatitis atau kena penyakit kelamin dan sebagainya,” kata Plt Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sragen, Suwarno.

Ketika ditemui Timlo.net usai peresmian gedung, Kamis (28/9), Suwarno menyampaikan, pos pelayanan ini untuk melengkapi Gedung PMI yang telah ada sebelumnya di Sragen. Dikatakan, anggaran yang digunakan untuk membangun gedung tersebut sepenuhnya dari PMI sendiri di luar dana yang dihimpun melalui bulan dana PMI.

“Kita juga nggak memakai APBD. Kalau dari bulan dana PMI kita pakai untuk kegiatan kemanusiaan, pendidikan, sosial, bencana alam. Termasuk untuk membantu air bersih bagi warga yang mengalami kekeringan,” terang Suwarno.

Sementara Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyambut baik dibangunnya Gedung Laboratorium Donor Darah tersebut. Rumah sakit di sekitar gedung dapat memanfaatkan untuk mencari darah bagi pasien yang membutuhkan.

Kalau sebelumnya orang di Gemolong donor darah harus ke Solo atau Sragen. Dengan adanya gedung ini bisa dilayani dengan baik.

”PMI dahulu tempatnya selalu numpang, tetapi sekarang PMI Gemolong sudah memiliki gedung sendiri, semoga bermanfaat di wilayah Gemolong dan sekitar utara bengawan,” kata Yuni.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge