0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Program Dinilai Efektif, Anggaran TMMD Dinaikkan

TMMD Sengkuyung III di Desa Sidokerto, Kecamatan Plupuh. (foto: Agung)

Sragen – Anggaran Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) rencananya akan dinaikkan. Program tersebut dinilai efektif dalam mempercepat pembangunan desa.

“Tahun ini enam kali TMMD, satu kali sekitar Rp 300 juta. Kalau APBD 2018 paling tidak sama tapi bisa naik karena ada TMMD reguler minimal butuh anggaran Rp 700 juta,” kata Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Dalam acara TMMD Sengkuyung III di Desa Sidokerto, Kecamatan Plupuh, Rabu (27/9), Yuni menyampaikan, TMMD selama satu tahun sudah meningkatkan infrastruktur perbaikan jalan sepanjang 12 Km, serta perbaikan puluhan RTLH dan jambanisasi.

TMMD efektif dalam mempercepat pembangunan desa. Selama satu tahun dilaksanakan tiga kali TMMD dan tiga kali Karya Bhakti yang tersebar di berbagai desa di enam Kecamatan.

Bupati mengatakan tahun ini setiap TMMD dianggarkan sekitar Rp 300 juta. Tetapi untuk tahun depan diupayakan meningkat, karena 2018 mendatang akan dilakukan TMMD reguler. Sasaran yang paling mendesak untuk dilakukan penanganan yakni perbaikan RTLH.

Dandim 0725 Sragen, Letkol Arh Camas Sigit Prasetya mengungkapkan, TMMD kali ini melakukan pembangunan fisik meliputi perbaikan RTLH 10 unit, makadam 600 meter jalan penghubung antar desa dan pembangunan delapan unit jamban.

“Pemilihan sasaran TMMD ini berdasarkan pemanfaatan semakin banyak itu yang kita pilih. Setiap desa di kecamatan mengajukan proposal ke Kodim, kami yang memilih berdasarkan pemanfaatan,” terangnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge