0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anak-Anak di Cina Gunakan Sosial Media Sejak 3 Tahun

Anak kecil bermain tablet. (dok: timlo.net/ nextshark.)

Timlo.net—Anak-anak di Cina mulai online sejak usia yang masih sangat muda. Mereka melakukan beragam aktivitas online mulai dari menikmati hiburan hingga belanja. Informasi ini berasal dari survei yang dirilis the Guangdong Internet Security for Children Forum pada 23 September, dilansir oleh Nextshark.

Menurut survei itu, beberapa anak menggunakan sosial media sejak usia 3 tahun. Mereka mulai belanja online pada usia 7 tahun. Saat berusia 14 tahun, mereka sudah melampaui orang tua mereka dalam hal keterampilan berinternet.

Anak-anak berusia 3 tahun dikabarkan menggunakan aplikasi chat seperti QQ atau WeChat. QQ dikatakan paling digemari anak-anak kecil di Cina. Survei itu juga mengungkap jika lebih dari 23 persen anak berusia 3 hingga 6 tahun online lebih dari 30 menit per hari. Di antara anak berusia 7 tahun, lebih dari 60 persen mengunduh game, musik atau video. Sebanyak 15 persen mengunggah foto, video atau menulis kata; 8,5 % berbelanja online dan 4,7 persen mengaku memiliki penggemar tersendiri.

Yang menarik survei itu juga membahas kenapa anak-anak menggunakan internet. Seorang anak berkata dia online karena tidak ada yang mau bermain dengannya. “Saya suka sekali olahraga, tapi tidak ada yang bermain dengan saya, jadi saya hanya bisa bermain dengan ponsel saya di rumah,” katanya.

“Walaupun sepertinya normal untuk anak-anak menggunakan internet, tapi hal ini merupakan pedang bermata dua. Internet membuka gerbang untuk semua yang tersedia di web, buruk dan baik, tapi juga mendorong mereka kepada kecanduan game elektronik dan hal-hal lainnya,” tulis China Daily. Media itu juga menambahkan orang tua harus bertanggungjawab mencegah anak-anak supaya tidak kecanduan. Mereka juga harus mengetahui tanda-tandanya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge