0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Moratorium Penerbitan Izin Toko Modern Masih Berlaku Hingga 2019

Salah satu toko modern di jalan Jenderal A Yani Wonogiri yang ditutup Pemkab beberapa waktu lalu. (foto: Tarmuji)

Wonogiri – Pemkab Wonogiri masih memberlakukan moratorium penerbitan izin toko modern. Dengan demikian, minimarket-minimarket yang sempat ditutup oleh Pemkab beberapa waktu lalu, belum bisa menjalankan aktifitasnya kembali.

“Sampai 2019 mendatang, Pemkab Wonogiri tidak menerbitkan izin baru untuk pertokoan modern. Pemkab hendak memproses penyusunan Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur persoalan perizinan toko moderen terlebih dahulu pada 2018 mendatang,” beber Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop & UMKM) Kabupaten Wonogiri, Guruh Santoso melalui Kabid Perdagangan, Wahyu Widayati, Selasa (26/9).

Menurut Wahyu, ada kendala dalam penyusunan perda karena ada regulasi baru mengenai perdagangan. Antara lain regulasi tentang tata kelola pusat perbelanjaan modern, Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 20/2017 tentang tanda daftar pelaku usaha distribusi barang kebutuhan pokok, dan Permendag no 8/2017 tentang penyelenggaraan pendaftaran perusahaan.

Dia menambahkan, perubahan regulasi sekarang ini berlangsung sangat cepat. Beberapa pelaku usaha yang aktif mencari informasi akan mengetahuinya.

“Tapi ada juga, para pelaku usaha yang tidak sempat mengakses informasi sehingga mereka tidak mengetahui perubahan regulasi tersebut,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge