0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Pertama Beroperasi, KA Wijayakusuma Sepi Peminat

Solo – Hari pertama dioperasikan, kereta api (KA) Wijayakusuma yang melayani rute baru solo-Cilacap belum banyak diminati penumpang. Dari data PT Kereta Api Indonesia (KAI), tingkat keterisian atau load factor pada KA tersebut hanya mencapai 65 penumpang.

“Mungkin karena memang baru pertama kali. Sehingga masih banyak masyarakat yang masih belum mengetahui kalau ada rute baru tersebut,” ujar Kepala Sub Urusan Customer Care Stasiun Balapan Solo, Arif Firmansyah, Selasa (26/9).

Kendati masih belum terlalu banyak peminat, namun pihaknya optimis kedepan KA Wijayakusuma load factornya akan jauh lebih baik. Pasalnya, selama ini belum ada kereta khusus yang melayani penumpang untuk tujuan Cilacap.

“Selama ini penumpang yang akan pergi Cilacap itu menggunakan KA Logawa relasi Jember-Purwokerto, karena memang belum ada KA yang melayani rute langsung. Sehingga kita optimis kedepan peminatnya akan banyak,” jelasnya.

Apalagi, menurutnya relasi baru itu juga bisa menjadi alternative bagi penumpang Ka Prameks. Mengingat selama ini peminat KA local tersebut cukup tinggi, dan tak jarang para penumpang tidak kebagian tiket karena sudah penuh.

Arif menyampaikan, KA Wiajayakusuma yang dioperasikan itu menggunakan KA Ekonomi Premium AC yang sebelumnya digunakan untuk KA tambahan Lebaran. Adapun kapasitasnya mencapai sekitar 768 penumpang dari 10 rangkaian gerbong.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge