0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Teh Keju Taiwan Mulai Populer di Berbagai Kota di Dunia

Teh keju. (dok: timlo.net/ nextshark.com)

Timlo.net—Sebuah minuman mulai populer di 30 kota di seluruh dunia. Minuman itu disebut teh keju. Minuman unik itu terbuat dari teh dengan keju dicampur di atasnya. Teh keju awalnya muncul di jalanan Taiwan. Setelah itu teh keju tersebar ke Cina, Hong Kong, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, UK, Amerika Serikat (AS) dan tempat lain.

Ide pembuatan minuman sama seperti saat kita menaruh krim kocok ke atas teh atau kopi. Tentunya krim itu diganti dengan keju kocok setebal 2,5 cm (atau lebih) ke atas minuman teh. Teh ini bisa berupa teh melati, matcha atau oolong.

Ada beragam cara membuat teh keju ( zhī shì chá). Tapi teh keju original memerlukan keju bubuk. “Budaya teh memiliki sejarah yang panjang di Cina, tapi rasa pahit yang muncul di awal saat orang meminumnya membuat generasi muda tidak menyukainya. Kami ingin menambahkan rasa baru yang disukai orang-orang muda,” ujar Nie Yunchen, CEO HeyTea kepada Conde Nast Traveler.

HeyTea tidak menggunakan keju bubuk, tapi keju Selandia Baru dan krim pada 2012. Mereka pertama kali membuat toko mereka di Cina selatan. “Busa kaya keju membuat teh terasa lebih baik. Setelah kami merilis produk itu, lebih dari lima tahun lalu, generasi muda mencoba dan menyukainya. Minuman itu masih merupakan minuman paling populer,” tambah Nie.

Sekarang HeyTea memiliki 69 toko di sepanjang Cina dan menjual hingga 3 ribu gelas teh per hari per cabang. Di AS, kafe seperti Happy Lemon di New York dan Littel Fluffy Head di California mulai menarik perhatian dengan resep teh keju mereka.

Di UK, yang juga memiliki tradisi minum teh, mulai mengikuti tren itu, tulis the Independent. Untuk mereka yang belum pernah mencoba teh keju, mereka disarankan bersiap untuk hal yang tidak terduga. “Minuman ini bukan hanya keju dan teh. Anda memiliki basis teh di bagian bawah dan lalu Anda melapisinya dengan krim keju..minuman ini berbeda dengan minuman yang pernah Anda minum,” ujar Jenny Zheng, pendiri Little Fluffy Head dalam sebuah video.

Tidak ada cara yang benar untuk minum teh keju. Tapi menurut kebanyakan orang, kita harus minum teh dan kejunya secara bersamaan. Beberapa orang memilih membuang sedotan dan langsung minum dari cangkir. Yang lain mengocok cangkir mereka supaya teh dan keju bercampur.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge