0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hakim Positif Narkoba, Kepala PN Klaten: Pecat!

Para pegawai Pengadilan Negeri Klaten mengikuti tes urine (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Puluhan hakim dan staf pegawai Pengadilan Negeri (PN) Klaten menjalani tes urine, Senin (25/9). Tes urine yang dilakukan oleh Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) itu untuk memastikan aparatur pengadilan bersih dari Narkoba.

“Semua aparatur pengadilan harus bebas dari narkoba. Sangat naif jika kita menghukum orang karena narkoba, ternyata justru kita sendiri terlibat,” kata Kepala PN Klaten, Sugiyanto, Senin (25/9).

Dijelaskan, tes urine tersebut digelar sesuai instruksi dari Dirjen Badan Peradilan Umum. Sebanyak 82 aparatur PN Klaten mulai dari hakim hingga staf pegawai satu per satu melakukan pengecekan urine.

Jika hasil tes urine ada aparatur yang positif mengonsumsi narkoba, pihaknya tak segan untuk melakukan pemecatan. Sebab, Sugiyanto tegaskan, seorang pengadil yang memiliki wewenang memutus perkara harus bebas dari narkoba.

“Hakim, semua pejabat struktural, staf, semuanya harus tes urine. (Jika ada yang positif?) Saya sebagian pimpinan akan mengusulkan pemecatan. Kami harapkan semua aparatur tidak ada yang pernah memakai,” tandasnya.

Kasat Narkoba Polres Klaten AKP Munawar menambahkan, tes urine tersebut merupakan bukti keseriusan PN Klaten memberantas narkoba.

“Ini baru pertama kali (tes urine) di lingkungan PN Klaten dan bentuk keseriusan agar pegawai- pegawai bersih dari narkoba. Ke depan kami juga akan melakukan pengecekan urine kepada PNS di Pemda Klaten,” papar AKP Munawar.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge