0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

One Day Workshop Solo Punya Cerita untuk Terapkan Nilai Kebhinekaan

Workshop yang digelar oleh Duta Cerita Solo di Cafe Ruang Tamu (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Duta Cerita Solo menggelar acara Program Cerita yang bertajuk “One Day Workshop”, di Cafe Ruang Tamu, Solo, Minggu (24/9) sore. Program Cerita gagasan dari The Habibie Center ini merupakan program inklusivitas yang menggabungkan cerita dalam menangani transformasi konflik.

“Jadi fokus dari workshop Solo Punya Cerita ini adalah membagikan pengalaman pribadi dari para peserta tentang cerita yang mereka alami selama ini,” ujar salah seorang Duta Cerita Solo, Larasati Reyma kepada Timlo.net.

Dikatakan progam Cerita ini lebih menekankan pada pengembangan diri dan karaktek peserta workshop. Program yang muncul karena kekhawatiran akan kasus-kasus inteloleransi dan diskriminasi di masyarakat.

Acara workshop sendiri berisikan materi tentang keberagaman, kebhinnekaan yang dituangkan dalam permainan menarik seperti Kartografi, mengambar pengalaman diri, dan tablous. Para peserta nantinya akan diwajibkan untuk bercerita selama 2 menit, cerita yang disampaikan adalah pengalaman diri masing-masing peserta.

Sementara, salah seorang peserta workshop, Dyah (30) mengaku jika kegiatan ini bagus dikembangkan terutama bagi para anak muda yang saat ini sedang mencari jati diri masing-masing. Tak hanya itu, program ini juga bisa mengenal satu sama lain, dan bisa mengerti dan memahami adanya perbedaan diantara para peserta lainnya.

“Program Cerita ini bisa menginspirasi orang lain, dan dapat memahami orang lain, karena kita baru kenal orang dan bisa bercerita dengan lebih dekat dan berempati,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge