0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aplikasi Sak Jwose, Buat SIM Tak Perlu Antri

Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Dani Permana Putra memamerkan aplikasi SakJwose. (foto: Tarmuji)

Wonogiri – Bagi pemohon surat ijin mengemudi (SIM) yang berasal dari Wonogiri, kini takperlu repot antre lagi. Pasalnya, Polres Wonogiri telah melaunching sistem aplikasi online yang dapat diunduh melalui smartphone berbasis Android bernama Sak Jwose. Aplikasi ini diklaim memiliki banyak keunggulan dan kemudahan.

“Sak Jwose merupakan singkatan dari Sistem Aplikasi online Kepolisian Jajaran Wonogiri dan Sekitarnya. Dengan aplikasi ini warga tak perlu lagi antri ketika hendak membuat Surat Ijin Mengemudi (SIM). Proses mengunduh tidak membutuhkan waktu terlalu lama dan tersedia di play store dan gratis,” beber Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Dani Permana Putra mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Muhammad Tora, Jumat (22/9).

Menurut dia, aplikasi ini didesain layaknya media sosial. Sehingga masyarakat dapat berinteraksi dengan anggota Satlantas Polres Wonogiri. Sakjwose diklaim mudah dioperasikan layaknya aplikasi instagram.

“Menu aplikasi itu diantaranya layanan informasi kegiatan lalu lintas Polres Wonogiri, interaksi dengan petugas tentang pembayaran pajak STNK tahunan, layanan SAMSAT jemput-antar, pendaftaran SIM online, dan layanan gerak cepat (kecelakaan, kebakaran, maupun pidana ditemukan di jalan),” kata mantan Kanit PJR 7 Kartasura itu.

Masih lanjut Kasatlantas, dengan aplikasi itu diharapkan tidak ada lagi antrian yang mengular, apalagi prosesnya memakan waktu lama. Sehingga, kata dia, ketika warga sudah terkoneksi dengan aplikasi itu, tinggal mendaftar di menu SIM online. Setelah semua dokumen diisi, warga tinggal menunggu pemberitahuan melalui aplikasi untuk melaksanakan ujian maupun pengambilan foto. Waktu yang sebelumnya habis untuk menunggu giliran antri, bisa digunakan untuk bekerja atau beristirahat di rumah.

“Misalnya ada warga yang membeli sepeda motor, ternyata STNK tidak juga terbit, atau ada petugas kami yang nakal, tinggal lapor saja di aplikasi itu. Langsung nanti kami tanggapi,” jelasnya.

Kasatlantas menambahkan,terkait nama Sakjwose hal itu memang disengaja. Selain itu, juga menggambarkan situasi dan kondisi yang serba baik, beres, cepat, dan tepat.

“Pokoke Sakjwose,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge