0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Cabai Rawit dan Bawang Anjok, Ini Gara-Garanya

Pedagang cabai di pasar (dok.timlo.net/setyo pujis)
Solo — Sejumlah komoditas kebutuhan pokok di Pasar Legi Solo kembali anjlok sejak beberapa pekan terakhir.  Bahkan, untuk komoditas cabai rawit merah, terpantau dari semula Rp 12 ribu per kilogram kini turun menjadi Rp 8.500 per kilogram.
“Turunnya harga ini karena memang di berbagai daerah sedang panen raya.  Sehingga pasokannya sekarang cukup berlimpah,” ujar salah seorang pedagang, Tuminah kepada wartawan,  Jumat (22/9).
Selain cabai rawit merah, menurutnya, cabai rawit hijau juga mengalami kondisi serupa. Yaitu dari sebelumnya Rp 8 ribu menjadi Rp 7 ribu,  dan cabai hijau besar dari sebelumnya Rp 12 ribu menjadi Rp 10 ribu per kilogram.
“Harga yang berlaku sekarang ini bisa dibilang terendah sejak harga cabai berada di angka Rp 120 ribu per kilogram,” jelasnya.
Kendati harga cabai sudah cukup rendah, ia mengaku tidak terlalu banyak mendongkrak penjualan. Bahkan yang terjadi,  tidak sedikit pelanggannya yang menawar harga lebih rendah lagi dari harga pasar.
Tidak hanya cabai, harga komoditas bawang merah juga mengalami penurunan harga sekitar Rp 2 ribu per kilogram.  Yaitu dari sebelumnya yang menyentuh diangka Rp 17 ribu sekarang turun di angka Rp 15 ribu per kilogram.
“Bawang putih juga sama, yaitu turun dari sebelumnya Rp 21 ribu per kilogram kini hanya menjadi Rp 19 ribu per kilogram,” kata pedagang, Sri Rahayu.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge