0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Berakreditasi A, Ini Visi Misi Fakultas Psikologi UMS

Dekan Fakultas Psikologi UMS, Moordiningsih (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) belum lama ini ditetapkan berakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Ditetapkan akreditasi A, sehingga merupakan satu-satunya fakultas Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berakreditasi A di Jawa Tengah.

“Bahkan, termasuk 15 fakultas PTS di Indonesia yang berakreditasi A. Surat Keputusan berkaitan Akreditasi A, secara resmi dikeluarkan oleh BAN-PT tertanggal 4 Agustus 2017,” ungkap Dekan Fakultas Psikologi UMS, Moordiningsih kepada wartawan, di Kampus UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (22/9).

Menurut Moordiningsih, kendati dikeluarkan oleh BAN-PT tertanggal 4 Agustus 2017 namun masa berlaku tetap mulai tahun 2016 hingga tahun 2021. “Sebetulnya akreditasi berlaku sejak tanggal 20 Desember 2016. Tetapi kami menyatakan banding lantaran poinnya kurang sedikit dari passinggradenya akreditasi. Maka bulan Juni 2017 kami banding,” ungkapnya.

Fakultas Psikologi UMS berakreditasi A, menurut Dekan Psikologi UMS, yang membedakan dengan fakultas yang sama perguruan tinggi lain, terutama menyangkut tujuh standar yang dinilai. Seperti visi misi yang tercapai, tata kelola manajerial, kemahasiswaan dalam hal meraih prestasi, baik akademik maupun non akademik, sistem pelayanan akademik, juga sumber daya manusia seperti berapa doktor yang dimiliki dan berapa master.

“Fakultas Psikologi UMS memiliki 9 doktor, 3 kandidat doktor, 17 master,” jelasnya.

Setelah meraih A, kata Moordiningsih, Fakultas Psikologi UMS mencanangkan menjadi pusat pendidikan Islami tetapi khususnya Psikologi Islam dan Irigenius. Maksudnya, psikologi Islam yang mengakomodasi kearifan lokal dalam memahami manusia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge