0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Temu Dalang Bocah Nusantara Siap Digelar di TBJT

Anak-anak usia SD belajar mendalang di Padepokan Seni Sarotama, Jaten (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Sebanyak 187 dalang bocah asal berbagai daerah di Indonesia bakal tampil di ajang Temu Dalang Bocah Nusantara VII di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), 23-30 September 2017. Momentum itu paling ditunggu para seniman belia itu untuk menimba pengalaman dari para seniornya.

“Ajang itu tidak bersifat kompetisi. Semua peserta mendapat kesempatan sama tampil di hadapan para maestro seni pedalangan di Indonesia. Mereka akan mendapat piala dan piagam dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,” ujar Ketua Panitia Temu Dalang Bocah Nusantara VII, Singgih Sri Cundomanik kepada Timlo.net di Padepokan Seni Sarotama, Senin (18/9).

Tiap peserta bebas memilih lakon, jenis wayang kulit dan gaya memainkannya. Biasanya, para peserta memilih cerita tentang pendidikan sesuai kalangan seusianya. Mereka akan dibagi tiga kelompok dengan durasi tampil 20 menit untuk kelompok A usia PAUD-SD kelas II, 30 menit untuk kelompok B usia SD kelas III-V, dan 40 menit untuk kelompok C usai SD kelas VI sampai SMP kelas VIII.

“Jumlah peserta itu sudah tidak bisa bertambah lagi. Sebab menghitung durasi selama delapan hari dengan waktu pentasnya,” katanya.

Ia mengatakan jumlah peserta tahun ini paling banyak dibanding enam penyelenggaraan sebelumnya. Ajang ini tiap dua tahun sekali. Para penampil di ajang ke-7 berasal dari 28 kota yakni Banjarnegara, Blitar, Blora, Bojonegoro, Boyolali, Depok Gresik, Jakarta, Jepara, Karanganyar, Kendal, Klaten, Magelang, Pati, Purwodadi, Purwokerto, Rembang, Salatiga, Semarang, Sidoarjo, Sragen, Sukoharjo, Surabaya, Surakarta, Tangerang, Wonogiri, Wonosobo dan Yogjakarta.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge