0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Malam 1 Suro, Pendaki Ritual Gunung Lawu Dievakuasi

Sukarelawan tim SRU bersiap menjemput peziarah terluka di jalur pendakian Lawu via Cemoro Kandang (ist)

Karanganyar — Operasi penjemputan pendaki ritual Gunung Lawu mewarnai PAM malam 1 Sura di Karanganyar. Seorang peziarah asal Ngawen Rt 04/Rw VI Kabupaten Blora, Siran (67) dievakuasi dari posko pendakian menuju pos paling bawah di Cemoro Kandang, Kamis (21/9) malam.

“Korban merupakan peziarah yang naik bersama dua orang yang juga asal Blora. Pria berusia 50 tahun lebih itu berada di pos bayangan, yakni antara jalur pendakian pos dua dengan pos tiga,” ujar Koordinator PAM 1 Suro dari SAR Karanganyar, Djamaluddin kepada Timlo.net, Kamis (21/9) malam.

Ketiga warga Blora ini naik dari Cemoro Kandang, Tawangmangu pada Rabu (20/9). Lantaran korban mengeluh kelelahan dan kakinya cidera, dua lainnya memutuskan turun untuk meminta bantuan di posko pada Kamis siang. Baru kemudian tim penjemputan meluncur pada Kamis pukul 17.00 WIB. Mereka terdiri dari sukarelawan SAR, Anak Gunung Lawu (AGL) dan komunitas lainnya.

Tim juga membawa tandu untuk mengangkut peziarah itu yang sulit berjalan dan kecapaian menuju posko Cemoro Kandang. Dikatakannya, sejumlah personel sukarelawan yang berada di pos 1, 2 maupun 3 jalur pendakian siap membantu misi itu secara maraton.

Informasi lain menyebutkan, tim sukarelawan juga menjemput seorang pendaki ritual Gunung Lawu turun ke pos Candi Cetho. Korban berusia lanjut itu mengalami kelelahan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge