0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiap Bulan 200 Pelajar Jadi Korban Laka, Satlantas Gencarkan Sosialisasi

Lomba Polcil Polres Sragen (merdeka.com)

Sragen – Angka kecalakaan lalu lintas (lakalantas) yang melibatkan anak dan pelajar di Kabupaten Sragen setiap bulan mencapai 200 kasus. Tingginya angka laka tersebut membuat Satlantas Polres Sragen gencar melakukan sosialisasi di kalangan pelajar, mulai Taman Kanak-kanak (TK) hingga SMA/SMK.

“Salah satunya adalah kita adakan lomba polisi cilik (Pocil) dan PKS (Patroli Keamanan Sekolah) yang diikuti para pelajar di Sragen,” kata Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Sragen, Mashadi, Rabu (20/9).

Mashadi menyampaikan, sasaran lomba dalam rangka HUT Satlantas Bhayangkara yang ke-62 memang pelajar. Pasalnya korban lakalantas yang kerap terjadi adalah di kalangan pelajar. Tercatat sekitar 200 pelajar setiap bulannya menjadi korban kecelakaan.

“Angka laka di Sragen didominasi pelajar usia produktif. Hampir 70 persen. Kejadian  rata-rata satu bulan jumlahnya sampai 200 orang,” terang Mashadi.

Dalam lomba Pocil sendiri, kata Mashadi, diikuti oleh 444 pelajar dari sekolah dasar (SD) di 20 kecamatan Kabupaten Sragen. Di mana setiap kecamatan mengirimkan satu kelompok untuk diikutkan lomba.

Sedangkan lomba PKS diikuti oleh 261 pelajar tingkat SMA/SMK yang ada di Sragen. Pemenang lomba ini nantinya bakal ditampilkan dalam pesta resepsi HUT Satlantas di Polres Sragen, Jumat (22/9) mendatang.

Sementara, Kasat Lantas Polres Sragen AKP Dwi Erna Rustanti saat dihubungi Timlo.net mengatakan, tujuan dari lomba tersebut untuk mendisiplinkan anak dari usia dini untuk tertib dan disiplin dalam berlalu lintas.

Terkait korban laka sendiri, Erna mengatakan, rata-rata memang didominasi pelajar. Mereka sebagian belum memiliki SIM lantaran usianya belum genap 17 tahun.

“Mereka tidak hanya korban. Bahkan ada juga yang menjadi tersangka anak yang belum cukup umur dalam kasus laka,” kata AKP Dwi Erna mewakili Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge