0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Segini Luas Lahan Proyek Jembatan Jokowi

Karanganyar — Status kepemilikan lahan bakal terkena proyek jembatan penghubung Desa Kragan, Gondangrejo dengan Kebakkramat bervariasi. Di sisi barat jembatan berupa tanah privat sedangkan sisi lainnya tanah kas desa.

“Unit kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) telah mengukur 8.500 meter persegi area terdampak di sisi barat jembatan,” ujar Kades Kragan, Gondangrejo, Widada kepada Timlo.net, Selasa (19/9).

Ia mengatakan warga sudah tahu tanahnya di area terdampak proyek itu bakal dibeli pemerintah. Di sana terdapat 12 rumah sisanya pekarangan. Saat ini, pihaknya menunggu pengukuran dari Kantor Pertanahan Nasional.

Sedangkan Kepala Desa Kebak, Kebakkramat, Murdo mengatakan, pihak Kecamatan Kebakkramat menginformasikan kebutuhan lahan Jembatan Jokowi di wilayahnya sekitar 3.600 meter persegi. Lokasi tepatnya berada di utara Dusun Sapen. Lahan itu berstatus kas Desa Kebak. Ia sendiri kurang paham luasan tanah di Desa Kragan yang dibutuhkan dalam proyek itu.

“Informasi dari kecamatan seperti itu. Saat ini berupa sawah produktif selama tiga musim tanam. Mengenai pembebasannya, kami berharap bisa diganti dengan tanah lainnya senilai ekonomis,” katanya.

Sebagaimana diberitakan, infrastruktur ini diandalkan mempersingkat jarak tempuh Gondangrejo-Kebakkramat. Pembebasan lahan ditangani Pemkab Karanganyar sedangkan konstruksinya dibiayai pemerintah pusat.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge