0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pelaku Bisnis Kritik Even Kota Solo

Wakil Ketua Asita Jawa Tengah, Daryono (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Maraknya berbagai even yang digelar oleh pemerintah kota (Pemkot) Solo dianggap kurang efektif dalam mendongkrak sektor pariwisata. Hal itu terbukti dari minimnya kunjungan wisatawan maupun tamu yang meninap di hotel.

“Even kota yang sering digelar setiap tahun sejauh ini tidak terlalu banyak berdampak kepada tingkat okupansi,” ujar Hotel Manager Fave Hotel Solo, Ika Florentina kepada wartawan, Selasa (19/9).

Menurutnya, tidak berdampaknya even rutin yang digelar oleh Pemkot seperti SIPA, Festival Payung, SBC dan lainnya itu karena selama ini dalam merumuskan konsep tidak pernah melibatkan pelaku pariwisata yang lain.

Padahal, lanjut dia, jika even itu bisa dikemas menarik dan dapat terjadi sinergi antara berbagai pihak tidak menutup kemungkinan mampu mendatangkan wisatawan.

“Padahal kalau even itu dapat dibuat semacam paket oleh hotel dan dapat dipromosikan melalui jaringan yang dimiliki, saya yakin akan jauh lebih efektif untuk perkembangan sektor pariwisata di Solo,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Asita Solo Daryono secara terpisah menyampaikan, even yang dibuat oleh Pemkot itu alangkah lebih baiknya jika dilakukan pemetaan yang jelas. Misalnya, even untuk apresiasi budaya dan even komersil untuk mendatangkan wisatawan, baik local maupun mancanegara.

“Selain itu kalau bisa sebelum membuat even perlu adanya keterlibatan antara stake holder pariwisata terkait. Karena mereka yang paling tahu kebutuhannya seperti apa,” terangnya.

Tidak hanya even kota, Daryono menilai banyak even nasional yang seringkali digelar di Solo kurang digarap dengan maksimal. Pasalnya, even nasional yang sering digelar tersebut selama ini terkesan dadakan sehingga menyulitkan untuk mempromosikannya.

“Padahal kalau even seperti MTA, LKS, Revolusi Mental dan yang lain kemarin itu tidak terkesan dadakan, mestinya bisa men-create sektor pariwisata di Solo. Sehingga long of stay tamu bisa lebih lama,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge