0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

2018, Obyek Wisata Batu Seribu Direvitalisasi

Obyek wisata Batu Seribu (dok.timlo.net/gg)

Sukoharjo — Satu-satunya obyek wisata alam milik Pemkab Sukoharjo, Batu Seribu bakal direvitalisasi dengan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar. Kondisi saat ini sejumlah wahana sudah tidak berfungsi dan infrastruktur juga sudah banyak yang rusak, sehingga sangat minim wisatawan yang berkunjung ke sini.

“Kami sudah mengajukan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan pengajuan tersebut sudah disetujui. Dana itu nantinya akan digunakan untuk membenahi infrastruktur dan rehab sejumlah wahana serta pengembangan wisata,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo, Sudarno, Rabu (19/9).

Untuk sementara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berencana menjadikan wisata alam Batu Seribu sebagai tempat wisata eduktif bagi anak-anak TK dan PAUD. Pasalnya, kompleks wisata di Desa Gentan, Kecamatan Bulu ini dikelilingi pegunungan dan memiliki potensi  alam yang cukup baik sebagai wisata edukatif.

Selama ini Batu Seribu hanya mengandalkan kolam renang, namun kondisinya juga tidak terlalu baik sehingga mulai jarang dikunjungi wisatawan. Selain itu, sejumlah kandang hewan juga dalam kondisi tidak terpakai karena sudah rusak, dan sejumlah fasilitas serta akses masuk ke kompleks wisata juga dalam kondisi tidak terawat dan rusak.

“Sebenarnya potensi wisata alam yang ada di Sukoharjo hanya Batu Seribu dan sangat sayang jika potensi ini tidak dikelola dengan baik. Dan selain Batu Seribu kita juga berencana memaksimalkan potensi alin, seperti Waduk Mulur yang bisa digunakan sebagai bumi perkemahan,” tandasnya.

Diproyeksikan program pengembangan potensi wisata ini bisa dilaksanakan tahun 2018, dan diharapkan juga dengan program ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge