0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPOM Warning Pedagang Farmasi yang Mengedarkan PCC

Temuan ribuan pil PCC (merdeka.com)

Timlo.net – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar menemukan 29 ribu butir Paracetamol Cafein Carisoprodol (PCC) di kantor PT SS. Pekan depan BPOM bakal memeriksa pemilik PT SS atas temuan itu.

“Banyak aturan yang dilanggar karena tanpa hak, tanpa keahlian dan tanpa kewenangan mengedarkan obat tersebut. Salah satunya adalah Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009 pasal 196-197, dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun dan denda Rp 1,5 miliar,” kata Kepala BBPOM, Muhammad Guntur, Sabtu (16/9).

Di hari yang sama, salah satu Pedagang Besar Farmasi (PBF) di kota yang sama juga sudah didatangi. Targetnya mencari tablet PCC, tetapi tidak ditemukan. Soal kemungkinan PBF yang memasok obat-obatan ke apotek, ke rumah-rumah sakit ini dicabut izin operasionalnya, Muhammad Guntur belum bisa memastikan.

“Kita hanya bisa mengusulkan, berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi. Yang memutuskan pencabutan izin itu dari pihak BPOM pusat karena izin operasional Pedagang Besar Farmasi (PBF) itu dari Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

[ary]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge