0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembangunan Pasar Klewer Timur Boleh Molor Tiga Bulan

Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagyo (dok.timlo.net/red )

Solo — Pengerjaan proyek pembangunan Pasar Klewer Timur bisa molor hingga tiga bulan. Hal ini, menurut Kepala Dinas Perdanganan Solo, Subagyo dimungkinkan karena adanya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 243/PMK.05/2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan No 194/PMK.05/2014 tentang Pelaksanaan Anggaran dalam Rangka Penyelesaian Pekerjaan yang Tidak Terselesaikan sampai dengan Akhir Tahun Anggaran.

“Bisa pakai PMK itu,” kata Kepala Disdag Solo, Subagyo, Kamis (14/9).

Dalam peraturan itu disebutkan bahwa sisa pekerjaan yang tidak selesai sampai akhir tahun anggaran dapat dilanjutkan ke tahun anggaran berikutnya dengan beberapa ketentuan. Di antaranya, sisa pekerjaan dapat diselesaikan dalam waktu paling lambat 90 hari kalender sejak berakhirnya masa pelaksanaan pekerjaan. Keputusan bisa atau tidaknya pekerjaan selesai dalam 90 hari ditentukan berdasarkan pemeriksaan pejabat pembuat komitmen (PPK). Dalam hal ini, Kepala Dinas Perdagangan.

Kendati demikian, Subagio menegaskan pihaknya akan tetap mengupayakan pengerjaan proyek bisa rampung 31 Desember 2017 seperti rencana semula. PMK No 243/PMK.05/2015 hanya akan digunakan bila benar-benar terpaksa.

“Itu nanti jalan terakhir kalau memang sudah tidak ada cara lain,” katanya.

Seperti diketahui, perombakan bangunan Pasar Klewer Timur sebenarnya dijadwalkan Juli lalu. Namun anggaran dari Pemerintah Pusat molor hingga bulan awal September. Akibatnya, Pemkot Solo hanya memiliki waktu efektif tiga bulan untuk menyelesaikan proyek senilai Rp 48 miliar itu.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge