0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penting, Dukungan Riset dalam Industri Keuangan Syariah

Wimboh Santoso (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Semakin ketatnya persaingan industri jasa keuangan, dukungan riset dan keterlibatan akademisi dalam pengembangan industri keuangan syariah menjadi sangat penting. Dukungan riset yang berkualitas diperlukan agar industri keuangan syariah dapat tumbuh lebih cepat, berkelanjutan, dan berdaya saing sehingga dapat berperan dan berkontribusi lebih optimal dalam perekonomian nasional.

“Untuk mengakselerasi pengembangan industri keuangan syariah kita tidak dapat hanya mengandalkan pertumbuhan yang bersifat organik saja, kita butuh peran pemerintah yang lebih besar lagi,” ungkap Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso kepada wartawan disela-sela acara Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah (FREKS) XVI yang digelar di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Rabu (13/9).

Wimboh mengemukakan, industri keuangan syariah nasional memiliki potensi yang begitu besar untuk terus tumbuh sehingga perannya semakin dirasakan dalam mendukung perekonomian Indonesia khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas.

OJK bersama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah dan industri jasa keuangan, menurut Wimboh, telah dan akan selalu melakukan upaya untuk perbaikan literasi keuangan syariah yang disertai berbagai inisiatif financial inclusion serta mendorong inovasi produk yang lebih friendly.

“Upaya ini diharapkan akan lebih memperluas lagi pangsa pasar industri keuangan syariah nasional,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge