0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Desain Masjid Sriwedari Belum Detail, Ini Langkah Pemkot

Focused Group Discussion (FGD) penyusunan detailed engineering design Masjid Sriwedari di Manganti Praja, Rabu (13/9) (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Pemerintah Kota Solo mematangkan rencana pembangunan Masjid Sriwedari dengan menggelar Focused Group Discussion (FGD) di Manganti Praja, Rabu (13/9). Hasil FGD tersebut nantinya akan menjadi dasar penyusunan Detailed Engineering Design (DED) masjid yang rencananya dibangun tahun depan itu.

“Kita ingin melibatkan berbagai kalangan. Ada akademisi, tokoh agama, dewan masjid, dan lain sebagainya untuk memberi masukan kepada Pemkot terkait pembangunan Masjid Sriwedari,” kata Kepala Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (DPU-PR) Kota Solo, Endah Sitaresmi saat membuka FGD.

Rencana pembangunan masjid di kawasan Sriwedari bermula sejak 2010 lalu saat kursi Walikota Solo masih diduduki Joko Widodo. Selama bertahun-tahun tak pernah ada pembahasan lebih lanjut tentang rencana tersebut. Namun tahun 2016 lalu, Pemkot kembali melontarkan wacana tersebut ke publik.

Wacana kian menguat saat Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) yang kini melebur dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) menggelar sayembara desain masjid. Untuk menggelar sayembara tersebut, DTRK mengalokasikan biaya hingga sekitar Rp 800 Juta. Namun menurut Sita, hasil sayembara belum memadai untuk menjadi acuan pembangunan masjid.

“Hasil sayembara itu kan hanya desain awal saja. Belum detail,” kata dia.

Dalam FGD, dihadirkan mantan ketua asosiasi Ikatan Arsitek Indonesia, Ir Munichy Bcahroon Edrees. Cucu KH Ahmad Dahlan itu banyak mengulas soal arsitektur Islam, khususnya masjid. Selain itu, Thoat Fauzi sebagai pemenang sayembara desain masjid juga turut hadir untuk menguraikan maksud desain yang ia susun.

“Sejak sayembara sampai sekarang, belum pernah ada forum semacam ini di mana kita bisa menjelaskan maksud kami,” kata dia.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge