0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apple Rilis iPhone X, Dengan Layar AMOLED Tanpa Garis Pinggir

iPhone X. (dok: timlo.net/ gsmarena. )

Timlo.net—Kamis (13/9) Apple merilis iPhone X, smartphone pertama yang memakai layar AMOLED. Layar itu disebut Super Retina Display dengan ukuran 5,8 inci dan kepadatan piksel 458ppi. Resolusi iPhone X adalah 1.125×2.436px. Smartphone ini mendukung HDR10 dan Dolby Vision dengan rasio kontras sejuta banding satu.

Pinggiran smartphone itu hilang. Selain itu iPhone X memiliki FaceID, pengganti TouchID. Tidak ada scanner sidik jari di smartphone baru Apple ini. FaceID menggunakan flood illuminator sehingga bekerja dalam gelap. Sebuah proyektor di dalamnya akan memancarkan 30 ribu titik ke wajah pengguna. Sistem ini dikatakan lebih aman dibandingkan TouchID, dengan tingkat kegagalan sejuta banding 1. Sedangkan TouchID memiliki tingkat kegagalan 50 ribu banding 1.

Dukungan aplikasi untuk FaceID mudah. Jika aplikasi bisa digunakan dengan TouchID, maka aplikasi itu bisa digunakan dengan FaceID. Hal ini termasuk Apple Pay. Dalam acara rilis itu, Apple memperagakan penggunaan FaceID dengan topeng 3D dan tidak bisa digunakan. Pengguna perlu melihat ke arah smartphone supaya FaceID akurat, tulis GSM Arena.

Smartphone itu ditenagai oleh chipset Apple A11, yang memiliki desain CPU dua tingkat. CPU itu memiliki dua inti yang kuat dan empat inti yang efisien secara energi. Di bagian belakang, ada dual camera yang bisa merekam video 4K 2160p dengan 60fps. Kamera utama memiliki sensor 12MP dengan bukaan f/2.4. Sementara kamera yang satunya memiliki bukaan f/1.8. Keduanya memiliki optical image stabilization dan quad-LED flash yang mendukung slow sync.

iPhone X akan dipasarkan setelah iPhone 8. Preorder dimulai pad 27 Oktober. Penjualan dimulai pada 3 November. Ada dua pilihan yang tersedia: Silver dan Space Grey. Model 64GB akan dijual senilai $999 (Rp 13,1 juta) dan ada juga model 256GB.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge