0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Telaga Mulai Mengering, Warga Cari Air ke Luar Daerah

Seorang warga mengambil air di Telaga Waru (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Puncak musim kemarau ini, warga di Kecamatan Paranggupito sudah kesuliatan mendapatkan air bersih. Bahkan sejumlah telaga penapungan air sudah mengering. Warga terpaksa mencari air ke luar daerah. Seperti ke Telaga Waru yang jaraknya beberapa kilometer.

“Dari rumah sampai Telaga Waru ini jaraknya sekitar lima kilometer, kalau pagi ngambil air bersih dan sore harinya balik lagi untuk mandi dan sekalian mencuci pakaian,” ungkap Boinem warga Desa Johonut Kecamatan Paranggupito, Selasa (12/9).

Menurut dia, di wilayah Kecamatan Paranggupito terdapat 26 telaga penampungan air. Namun hampir keseluruhannya sudah mengering. Kalaupun ada airnya, jumlahnya sangat sedikit.

”Ya terpaksa beli air bersih dari truk tangki,” jelasnya.

Ibu beranak tiga ini menambahkan, rata-rata harga air bersih satu tangki ukuran 6.000 liter mencapai Rp 120 ribu. Tergantung jaraknya, semakin jauh jaraknya harganya semakin mahal.

Sedangkan warga yang rumahnya di sekitar telaga yang masih ada airnya, mereka memanfaatkan air telaga untuk kebutuhan sehari-hari. Itu terpaksa harus berhemat lantaran ketersediaannya semakin menipis.

”Mungkin sebulan lagi air telaga Waru ini sudah habis,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge